Home Top Ad

Responsive Ads Here

Cara Menganti Domain blogger blogspot Menjadi Com

Share:
Mengubah domain blogpot menjadi domain .com

nah kali ini saya akan membahas cara mengubah domain blospott menjadi com, mungkin banyak penjelasan tentang cara cara menganti domain dari blog lain. tapi kali ii saya akan menjelaskannya dengan bahasa sendiri dan yang pasti sangat mudah di pahami oleh teman teman semua.

jika nama url blog kita  detamenangcaye.blogspot.co.id  maka kita bisa merubah nya menjadi deta menangcaye.com. tentu nya akan sangat kurang keren jika nama domain kita blogspot.co.id dan apalagi yang menentukan bagus tidak blog kita di mata google juga tergantung pemilihan nama domain.

jika kita memili domain yang bagus alias yang sudah terkenal dimata dunia, maka akan bagus pula untuk blog kita. itulah salah satu paktor penentu bagus dan tidak nya blog kita di mata google maka kita harus menganti nama domain kita menjadi com. karena nama domain  Com adalah nama domain yang sudah mendunia.

tapi jika anda ingin membeli domain aku sarankan untuk memilih nama domain yang sudah bagus dan banyak dipakai orang orang. nah lebih baik anda memilih nama domain yang seperti COM , NET, ORG, BIZ, dan untuk kita domain yang khusus indonesia nya kita juga bisa memilih CO.ID karena pasti akan lebih bagus lagi jika blog kita tentang indonesia. tapi jika anda ingin nama domain yang umum alias sudah mendunia aku sarankan untuk memilih nama domain yang COM , NET, ORG, BIZ.

yang pasti anda harus memesan dulu dan membeli dulu domain anda di jasa domain seperti www.rumahweb.com ada banyak pilihan macam macam nama domain untuk anda dan harga harga nya juga terjangkau. dari yang haraga 20Ribu sampai dengan 300ribu. anda bisa langsung mengunjungi alamat tersebut karena saya sudah membelinya waktu itu seperti nama domain www.hariangadget.com dan daftar-hargahp-seputargadget.com . tapi untuk alamat blog saya yang satu ini saya Belum mau untuk menganti nama domain saya karena saya mau coba untuk lebih lama sedikit mengunakan domain blogger yaitu blogspot.co.id.

nah setelah anda selesai memilih domain lalu anda akan melakukan pembayaran melalui bank atau pembayaran lain lain. tapi kalau saya waktu lebih memilih melalui transfer melalui bank karena lebih mudah. tinggal kita print pormulir pembayaran domain lalu kita bayar pergi ke bank.

setelah kita melakukan pembayaran, kita akan di suruh untuk melakukan konfirmasi pembayaran bahwa kita sudah melakukan pembayaran. dan bisanya nanti sebelum melakukan pembayaran akan ada tata cara nya dikirim melauli email. mangkanya kita harus tepat mengetikan alamat email supaya nanti nya tidak ada apa.
setelah melakukan konfirmasi pembayaran dan sudah ada pemberitahuan dari rumaweb bahwa domian kita telah aktip. dan selanjutnya maka kita harus melengkapi data data domain kita yaitu menganti alamat domain blogger blogspot menjadi nama domain yang sudah beli tadi.

di bagian ini lah yang paling penting untuk melakukan perubahan nama domain kita. yaitu menganti alamat nama domain kita.


cara cara menganti nama domain blogger sebagai berikut

1. Masuk ke blogger dan pilih setting dan klik add a costum domain


cara menganti domain blogger blogspot menjadi com

2. lalu isi kolom dengan nama domain anda yang telah anda beli tadi misalnya detamenangcaye.com maka cara mengisi nya adalah www.detamenangcaye.com  kemudian kita klik save.



3. maka setelah kita save akan menampilkan CNAME yang akan kita pasang di domain manage anda.
mungkin kalian bertanya tanya kenapa kog error. karena kita belum mengsetting  di Domain Manage. Jadi kita Harus mengsetting domain manage kita dulu yang telah kita beli tadi.


cara menganti domain blogger blogspot menjadi com

catatan : CNAME yang di beri kotak warna merah tersebut akan di gunakan untuk setting di domain manager. 
Lalu kalian harus COPY kode Yang berada di dalam kotak warna merah di atas, ingat saya anjurkan harus di copy, dan bisa anda Copy di Notped Dulu


nah sekarang anda tinggalkan dulu blogger nya dan jangan di keluarkan dulu biarkan seperti gambar di atas tampilan nya, silakan anda login ke akun WHMCS atau clientzone.rumahweb.com 


1. pilih domain anda
2. klik menu name server. catatan : pastikan name server anda seperti pada gambar di bawah ini .


cara menganti domain blogger blogspot menjadi com


 3. lalau anda klik Domains > terus pilih domainku dan selanjutanya anda harus klik Manage domain 


cara menganti domain blogger blogspot menjadi com



4. Lalu Klik Manage DNS 



cara menganti domain blogger blogspot menjadi com

5. nah langkah selanjutanya yaitu kita akan membuat record . klik add new record
lalu isikan dengan ketentuan berikut
- domain biarkan kosong
- TTL : 14400
- Record type : A
- HostName : 216.239.32.21


cara menganti domain blogger blogspot menjadi com
Setelah selesai lalau klik add record lagi dan isikan seperti tadi, tapi yang harus di ubah hanya HostName dan lalukan seperti tadi sebanyak 3 kali lagi setelah selesai mengisi yang pertama tadi  sehinggah akan Menghasilkan gambar seperti Dibawah ini :
hostname : 216.239.34.21
hostname : 216.239.36.21
hostname : 216.239.38.21


cara menganti domain blogger blogspot menjadi com



7. nah kita sudah selesai membuat 4 record A. lalau selanjutnya kita akan membuat cname
nah untuk membuat record Acname ini kita memerlukan data yang anda sudah Copy di Notped tadi,
Atau masukan informasi seperti yang ada di blogger tadi :



cara menganti domain blogger blogspot menjadi com

nah data pada gambar di atas adalah data yang telah anda copy ke Notped tadi atau data yang ada pada blogger tadi, tapi jika anda masih ragu dengan , anda bisa lihat lagi di blogger anda tadi. lalu isikan data tersebut kira kira seperti ini :
- domain : www
- TTL : 14400
- Record Type : CNAME
- Hostname : ghs.google.com

8. lalu kita selanjutnya membuat Cname yang kedua dan masukan data yang kedua yang telah anda copy di Notped tadi atau anda bisa lihat lagi didata blogger anda tadi. maka nya sebelumnya di awal awal tadi saya sarankan blogger jangan di keluarkan dulu.
nah masukan data nya kira kira kira seperti ini, tapi ini data blogger lain. akan beda data nya dengan data yang anda punya, ini hanya sekedar contoh. tapi kalau untuk cname yang pertama tadi mungkin datanya akan sama dengan data blogger kalian.
tapi kalau untuk yang ini atau yang Cname yang kedua ini pasti datanya akan berbeda beda setiap website, pasti ini pasti. ingat Pasti berbeda. 
- Domain c4yrbbfceaxw
- TTL : 14400
- Recor Type : Cname
- hostname : gv-y3s3mhjifg6mmk.dv.googlehosted



nah  sekarang kita sudah selesai dengan membuat record tersebut. sudah membuat 6 record , 4 record A dan 2 Record Cname, satelah itu silakan anda masuk ke blogger tadi pada tampilan seperti pada gambar di bawah ini :



lalu silakan anda klik save pada gambar di atas. tapi jika belum bisa mungkin menunggu beberapa jam karena proses. tapi biasa nya jika kita sudah benar benar mengisih sesuai dengan data di gambar di atas Cname nya pasti sudah bisa jadi.

selanjutnya jika sudah klik save dan berhasi lalu lakukan panduan selanjut nya yaitu :
1. silakan anda klik EDIT
 Lalu Ceklist kota Redirect lalu save

jika sudah selesai, selamat domain anda telah di ubah. selanjutnya silakan anda coba cek domain anda yang baru di pencarian.

sobat sobat semua, itu lah cara untuk supaya menganti nama domain blogspot menjadi domain seperti com, org, net, co.id ataupun yang lainnya.
saya sudah hampir 3 jam lebih membuat artikel ini, tapi saya berharap sobat sobat semua bisa memahami artikel ini. saya sudah sebisah saya untuk menjelaskannya supaya mudah di pahami teman teman.
tapi jika  teman teman masih belum yakin atau masih percaya, teman teman bisa langsung minta cara cara nya langsung kepada jasa domain.

saya hanya blogger biasa yang masih butuh pembelajaran yang lebih lagi dan hanya ingin berbagi sedikit ilmu yang pernah saya alami dan saya ketahui. Terimah kasih sudah membaca.
salam untuk blogger semua. indonesia merdeka.
Baca juga teman teman > Tips Cara Meningkatkan Rangking Alexa Rank
0

No comments